Usaha Perjalanan Wisata (UPW)

Siswa di jurusan ini dibekali kompetensi dalam melakukan pelayanan dibidang UsahaPerjalanan Wisata. Kompetensi yang dikuasai berawal dari menerima dan memproses reservasi tiket sesuai permintaan pelanggan, mengurus transportasi perjalanan domestic maupun internasional beserta dokumen-dokumen yang berhubungan, menjadi pemandu wisata baik perjalanan wisata maupun aktraksi / obyek wisata, layanan transfer, menghitung harga paket perjalanan dan menyelenggarakan kegiatan perjalanan wisata, menjual produk wisata dan melaksanakan tugas tata operasi darat (ground handling) dan sebagai pengelola informasi wisata.

 

Praktik Kerja Industri (Prakerin) Jurusan Usaha Perjalanan Wisata

Praktik Kerja Industri merupakan kegiatan siswa di luar lingkungan sekolah, dengan tujuan agar siswa mengenal area kerja di industri pariwisata khusunya di maskapai penerbangan, biro perjalanan wisata, agen perjalanan wisata, tempat-tempat obyek wisata, bandar udara, perusahaan kargo, perusahaan penyelenggara wisata konvensi. Sehingga siswa memiliki kemampuan dan kompeten di bidang usaha perjalanan wisata.

 

Program Keahlian Usaha Perjalanan Wisata

Program keahlian Usaha Perjalanan Wisata (UPW) mulai berdiri  secara resmi pada tahun 1992 berdasarkan surat keputusan dirjen dikdasmen no. 2980/c/i/92 tertanggal 08 mei 1992 dengan nama usaha perjalanan wisata (upw). Namun penerimaan siswa baru untuk jurusan ini, untuk angkatan pertama sudah mulai semenjak tahun pelajaran 1989/1990.

Tujuan Program Keahlian UPW secara umum mengacu pada isi UU Sistem Pendidikan Nasional (UU SPN) pasal 3 mengenai Tujuan Pendidikan Nasional dan penjelasan pasal 15 yang menyebutkan bahwa  pendidikan kejuruan merupakan pendidikan menengah yang mempersiapkan peserta didik terutama untuk bekerja dalam bidang tertentu. Secara khusus tujuan Program Keahlian UPW adalah membekali peserta didik  dengan keterampilan, pengetahuan dan sikap agar kompeten:

  • Melaksanakan pelayanan prima dalam berbagai bidang pariwisata

  • Melaksanakan reservasi (pemesanan) transportasi (udara, air, darat), akomodasi (hotel, villa, apartment, dll), dan entertainment (tiket pertunjukkan, dll)

  • Menghitung harga dan menerbitkan tiket penerbangan domestik dan internasional

  • Merencanakan, menyusun, dan menghitung  paket wisata serta memasarkannya

  • Melaksanakan layanan pemanduan wisata sebagai Tour Guide maupun Tour Leader

  • Melaksanakan layanan informasi kepariwisataan dalam bahasa Indonesia dan bahasa asing lainnya.

  • Menyelenggarakan Acara khusus (MICE = Meeting, Incentive, Convention, Exhibitation).

 

 

 

Our Team Creative

Email: teddy.orochix@yahoo.com    Phone number: +6285711531331 Facebook: http://www.facebook.com/teddy.lie
Items: 1 - 1 of 3
1 | 2 | 3 >>

Contact

SMK Baranangsiang Jl. Raya Pajajaran no. 6, Bogor 16143​
Phone: 62 251 8321270 upwbarsi@gmail.com